Sunday, January 5, 2020

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN UDARA DI LEMBAGA PENDIDIKAN TNI ANGKATAN LAUT BERBASIS ANDROID DAN IoT

Di dalam aktifitas Lembaga Pendidikan TNI AL, setiap prajurit diwajibkan menjaga kondisi fisik. Kegiatan wajib yang rutin dilaksanakan para siswa adalah lari siang. Para pelatih dan pembimbing siswa diwajibkan selalu memperhatikan suhu dan kelembaban agar kegiatan lari siang tidak mengakibatkan hal yang tidak diinginkan seperti Heat-Stroke yang dapat berujung pada kematian, dikarenakan suhu yang sangat tinggi pada saat kegiatan lari siang.



Mekanisme pengukuran saat ini yang dilakukan adalah, Satkes melakukan pengukuran suhu dan kelembaban secara manual dengan Termometer WBGT, hasil yang diperoleh disampaikan pada Binjas. Setelah Binjas mengetahui hasil pengukuran suhu, selanjutnya meneruskan pada penjagaan untuk menyampaikan kepada seluruh pers melalui prayen terkait tentang jadi/tidak diadakannya kegiatan lari siang. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu sistem yang dapat memberikan informasi suhu dan kelembaban secara real time sehingga dapat terpantau secara periodik.

Alat dan bahan penelitian :


Bagan Sistem :


Tampilan pada perangkat Android :



File apk dapat di download pada alamat https://www.dropbox.com/s/raxeaulciub5esp/suhu.apk?dl=0 
Bisa juga diakses via browser pada alamat http://suhu.infoduabelas.com/login

No comments:

Post a Comment